Serba Gratis di iB Kompasiana Blogshop

Walaupun banyak acara di Jakarta pada hari Minggu, 25 Juli 2010, di antaranya Funbike Old City Tour (Galeri Nasional Indonesia), Funbike Gowes Bareng Kompas Gramedia, dan Car Free Day Sudirman Thamrin, saya tetap memilih mengikuti acara iB Kompasiana Blogshop. Dibekali dengan laptop pinjaman dan kamera handycam tua (yang hanya digunakan untuk foto-foto kualitas 4 Megapixel), saya berangkat menuju Gedung JI Expo di Kemayoran. Acara blogshop ini diadakan salah satunya untuk mendukung Indonesia International Motor Show 2010.

Ternyata peserta yang berjumlah lebih dari seratus (apa duaratus, ya?) kompasianer itu dijamu gratis oleh Kompasiana. Pertama, setelah absen ulang sebelum acara dimulai, dapat sarapan pagi gratis. Wah, kebetulan perut belum diisi makanan pagi. Setelah itu, bersiaplah saya di meja panjang bersama artis-artis Kompasiana, Hadi Samsul, Yayat, Nathalia dan Zulfikar Akbar.

Mulailah kami dapat pencerahan gratis dari Om Iskandar Zulkarnaen, Om Gunadi Haryanto, Om Janu  Dewandaru (Kompasianer yang berbicara tentang iB Perbankan Syariah). Sebelum makan siang,  Om Pepih Nugraha juga bercerita tentang pengalaman jurnalisnya. Wah, kami makin mengerti deh tentang bagaimana untuk melakukan reportase warga (citizen journalism). Walau poin-poin penting yang diberikan sudah cukup, namun masih ada celah-celah yang belum tersaji, khususnya pada penguasaan fotografi. Mungkin harus ada lagi pendalaman materi untuk soal ini. Tapi secara garis besarnya, acara blogshop ini sangat bermanfaat. Apalagi dari diskusi dengan Om Pepih, tentang hasil dari CJ Kompasianer yang meliput acara IIMS dan Blogshop.

Gratis lainnya saat acara berlangsung adalah makan siang dan tiket masuk secara gratis ke dalam acara IIMS (harusnya bayar Rp 30.000,- ya). Kami tidak perlu mengantri untuk mengambil kotak makan siang dan tiketnya. Semua diantar langsung ke meja oleh panitia. Wah, mantap.

Sebelumnya, Nathalia juga sudah memberikan gratis biskuit lho. Hahaha. Meja kami jadi penuh makanan. Saya juga bingung mau menempatkan laptop karena sudah kehabisan tempat oleh makanan gratis. Terima kasih banyak untuk Nathalia dengan biskuitnya.

Kompasianer sedang menikmati makan siang gratis dan membaca tiket masuk gratis.

Selanjutnya mulailah kami mencoba membuat CJ dengan mengambil berita di sekitar Kemayoran itu, dengan acara IIMS 2010 ataupun Kompasiana Blogshop. Namun karena saya lupa membawa tiket masuk yang gratis itu, saya harus mengambil kembali ke ruang diskusi yang berada di Hall Semeru Lantai 6. Dan, astaga, PLN padam, padahal saya sedang di dalam lift. Hahaha. Karena terjebak sekitar 5 menit di dalam lift, saya hanya bisa melambaikan tangan ke teman-teman  dan tidak ikut narsis bersama mereka, seperti yang Hadi Samsul cerita di sini. Akhirnya saya harus berkelana di IIMS seorang diri.

Pameran otomotif ini sangat menarik. Banyak mobil dan motor keren, mobil konsep, mobil besar (truk maupun bis), SPG cantik, dan peralatan penunjang bengkel berteknologi canggih. Jika anda berminat untuk membeli salah satu mobil di sana, bisa langsung menjajalnya (test drive).

Berikut beberapa foto hasil berkelana di IIMS 2010.

Setelah berkelana di IIMS, kami membuat tulisan jurnalis. Om Pepih melanjutkan diskusi menarik dengan membahas hasil CJ dari beberapa peserta yang langsung ditayangkan di Kompasiana.

Dan sebelum acara berakhir, 10 kompasianer mendapatkan gratis doorprize modem. Seperti biasa, saya tidak pernah dapat hadiah. Hahaha. Rasanya kurang banyak hadiahnya, ya. Namun, untuk semua peserta, kami pun masih diberi secara gratis, sertifikat, satu tas yang berisi kaos keren, dan alat-alat tulis untuk CJ. Sekali lagi, kami tidak perlu mengantri untuk mendapatkan ini semua. Panitia yang mendatangi kami dan membagikan langsung. Kerja panitia yang patut dipuji dan diberi acungan jempol. Wah, pasti yang berada di sekitar Jabodetabek dan tidak ikut Blogshop akan iri melihat kado gratis dari Kompasiana.

Ayo kita ber-CJ. Pastinya Kompasiana semakin keren kalau berisi banyak liputan menarik di sekitar kompasianer. Bayangkan kalau Kompasiana menjadi sumber berita utama dikarenakan liputan jurnalis yang berbeda dengan jurnalis yang bekerja di media. Seperti yang diceritakan oleh Om Iskandar Zulkarnaen, bagaimana liputan video Cut Putri tentang terjangan tsunami, digunakan sebagai sumber berita oleh warga dunia. Begitu juga liputan Om Andi Primaretha tentang jatuhnya (bunuh diri) seseorang di Grand Indonesia, yang banyak situs internet menggunakan sumber berita dan foto-fotonya. Saat terjadi ledakan bom kedua di Hotel Marriot, foto-foto kejadian tersebut yang diabadikan oleh warga yang bukan wartawan, diakses oleh banyak pencari berita.

Akhirnya saya ucapkan terimakasih untuk Kompasiana dengan pengetahuan dan hadiah gratisnya. Bravo Kompasiana.

.

Ditayangkan pula di Kompasiana

.

Advertisements

2 thoughts on “Serba Gratis di iB Kompasiana Blogshop”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s