Dari Sumur KoplakYoBand

1353512035784475959

Asli sampe sekarang suka ngakak kalo inget kelakuan orang-orang koplak di booth KoplakYoBand. Lha ya pasti ngakak lah, wong ngga nyangka, kirain mereka ini ngoplaknya di tulisan doang .. hahahaha

Coba perhatikan dialog ini. Eiykeh copas langsung dari status Ki Dalang tentang pengalamannya diwawacanda oleh reporter KYB ..

——

(Ki Edi Siswoyo) Yang aku masih bingung sampai sekarang.

Reporter : Mas jadi apa?

Saya : Saya jadi dalang…

Reporter : Suka pastinya dong dengan kesenian wayang…?

Saya : Suka sekali… sangat suka, wayang dan saya takkan terpisahkan..

Reporter : Dirumah ada poster pembalap?

Saya : Ngga ada mbak, kalau ada poster ya poster wayang, lukisan wayang, wayang kulit…

Reporter : Berarti anda gagal sebagai dalang karena ngga punya poster pembalap

Saya : !@#@!^%!(!_!!&^!%! (D

—–

Hahaha, ngga perlu gue kasih tau siapa penghuni Rumah Sakit Jiwa itu yang diambil untuk jadi reporter KYB. Pokoknya, dia makin menggila karena wawacanda pertamanya dengan tokoh yang paling dia gandrungi. O o, siapa diaaaa?? .. Hihihi

Beneran lho, awalnya gue dapet ide mau live streaming, cuma mantengin kamera ke panggung. Jadi ya kaya kita nonton siaran langsung musik gitu di tipi-tipi. Ah, tapi ya dasar begaul di sekitar jamban KoplakYoBand ya jadi idenya melebar jadi wawakoplak (wawacanda koplak). Eh, eh, gue dapet ide bukan saat lagi di jamban, yak. Kepruuuuuuk.

Reporter : Oh, bukan saat ngejamban toh? Lalu si mas ganteng ini dapet idenya di mana?

Saya : Ya waktu saya kerja laah.

Reporter : Emang si mas kerjanya apa?

Saya : Betulin WC mampet.

Reporter : *Kepruuuuuuuk*

Beneran salah lho ngasih ide live streaming ke KoplakYoBand. Lha gimana ngga salah, masa meeting cuma di Waslap, eh WhatsAp. Padahal pada jago nulis tentang WeChat, tapi mainnya teteeeeuuup di WhatsAp. Hahaha. Sampe Admin aja ngga rela, wong udah tau iPhone 5 dan Galaxy Note2 bakal jatuh ke tangan wong-wong koplak, ya jadinya diperpanjang deh tuh lomba blog WeChat. Hihihihihi. (menangislah kalian karena makin banyak saingan .. hahahahaha)

Akikah ngga mau lebay, termehek-mehek, ataupun nangis bombay guling-gulingan di sirkuit karena nyanjung tingkah polah mereka. Lhaaa cuma dari saweran aja bisa ngediriin booth setinggi 3 meter, padahal cuma mau ngebully maskot KYB yang imut itu .. hahahahaha .. (wataaaaaaaaauu, ditendang anaknya yang kemarin juara karate). Dari saweran aja bisa ngebagi-bagi kemeriahan kompasianival ke seluruh penjuru, walau putus-putus, dudul, kresek-kresek. (Ya maklumlah, pan hasil dari saweran. Coba kalo dimodalin, pasti lebih bagus .. (*gubraaaaaaaaak .. disambit cincin kawin Rob Januar)

Jadiiii, akikah minta maaf juga kalo hasil kemarin lebih banyak dudulnya dibanding koplaknya. Ngga tau kenapa, kayanya ada yang ngga rela kalo dirikuh makin ganteng (widiiiiiiiiiiiiiih). Lhaa, iyaaaaa, wong lagi sikat gigi, di pagi-pagi buta (padahal jam 7 pagi), eeeeh si Mak JengQi telepon, “Beeeeeh, mau bareng nggaa, ini gue udah sampe Komdaaak, jadi sekalian ke Gancitnyaaa” .. Ya begitulah punya temen mreki, medit bin pelit, ngga mau rugi kalo temennya juga naik taksi. Hahahahaha .. Ya terpaksalah mandi koboy, lari gubrak sana gubrak sini untuk nyusul ke jalanan naik taksi bareng. Hihihi.

Sampe Gancit, eeeeeh, ternyataah sodara-sodaraaaaah. Pengelola Gancit juga medit. Lift ama eskalator belon dihidupin. Hahaha, terpaksalah menaiki 3 atau 4 lantai ya, ke Skeeno. Ngos-ngosan sodarah-sodaraaah .. Hiks, untung ganteng, jadi bisa ngatasin keadaan itu. Tapi liat si Mbah Pit, di darat sama di lantai tiga, teteeeep ajaa kelingkingnya ngetril .. hahahahahaha (ampun mbaaaaaaaaaaaah). Mungkin karena itu, ya, ada kesalahan tehnis. Nih, 5 kru shooting dari Honocoroko udah sampe Gancit, nurunin semua barang yang diperlukan. Ngga tanggung-tanggung, akikah mintanya 2 kamera, mereka malah ngeluarin 3 kamera. Akikah minta 1 LCD 32 inch, mereka ngeluarin 3 LCD, gede-gedee. Alhasil mejenglah di meja Anti LowBat LCD 42 inch. Hihihi. Bahkan kalo mau, mereka bersedia nurunin proyektor dan layarnya. Bisa kita gelar mobar di situ .. eh nobar di situ. Nonton layar tancep. Hihihihi. Belum lagi saat kamera-kamera ngga bisa sempurna tayang di laptop. Kedap-kedip. Padahal sebelumnya, ngga ada masalah. Hmm, apa karena switcher ya? Tapi perangkat 1 set switcher itu butuh daya 750 watt, sementara jatah listrik cuma 400 watt. Canggih emang kru Honocoroko ini. Dibongkar lah switcher tersebut, padahal ngga pernah dibongkar tuh, untuk dikeluarin dan bisa bekerja sendiri untuk ngakalin besarnya daya listrik. Hiks, udah dicoba, tapi tetep dudul. Pusing. Panik. Kang Pepih udah ngomong duluan di panggung. Lagiaaan ngga bilang-bilang dulu ke eiykeh kalo mau manggung, jadinya ngga ke streaming deh tuh .. hiks. Udah gitu, masih sempet-sempetnya nyela eiykeh lagiii di booth KYB. Huh, dasar biang koplak. #Eh .. hahahaha .. Ampuuuun Kaaang.

Akhirnya mutusin, ya udah, pake kamera handycam jadul aja, yang LCDnya mati, dan kadang headnya kacrut. Kemarin waktu ujicoba, bisa dan bagus hasilnya. Eeeeeh, waktu udah siap distreaming, ternyata ngga bisa masuk-masuk server. Hiks. Bukan apa-apa, server untuk live streaming bukan server biasa, butuh arus bandwith yang tinggi dan stabil. Harga sewanya mahal. Kalaupun mau gratis, bisa aja kita pake server Amrik yang udah teruji tangguh. Tapiii, tiap 15 menit, pasti bakal keluar iklan obat rambut selama 1 menit. Beuuuuh, selain pihak Kompas.com ngga ngijinin, ya akikah marah dong, masa plontos gini iklannya soal rambut .. Hiks. Selain itu sih, kalo yang keluar iklan rambut ngga apa-apa. Lha kalo keluar iklan laiiiin?? Yang anu-anuuuu?? Hahaha, bisa gempar Kompasianival karena diiklanin iklan anu-anu .. hahahahaha.

Okeh, kembali ke lap-tooop. Pemirsaaaaaah!! Akikah ngga nyangka kalo reporter-reporternya koplak semuah. Hahaha. Keren-keren. Walau berlembar-lembar skrip yang udah dibuat, dan koplaaaak, tapiii, di lapangan akhirnya ngga terpakai. Hiks, padahal eiyke tau lho, itu yang bikin skrip biasanya tidur di bawah jam 12. Eeeh, ini dia kumpulin di milis KYB di atas jam 12 malam. Hiks. Segitunya ya pengorbanannya demi KYB. Puk-puuuuk. Peluuuuk. Nanti dakuh traktir yaaaa .. Weits, bukan ente Mbah Jenggot atau Ki Cebok Jepe. Kalian cukup dapet kecup dari Mas Kaspo aja yak .. Hahahahahahaha

Halah, sampe mana tuh. Maaf sodara-sodara, ada pesan di wazap.

Oh yaaaa, soal skrip, padahal udah dibikin tuh berlembar-lembar soal gombalan dan kuis kocak. Hiks, tapi sayangnya ngga semua kepake. Hihihi. Akhirnya kami menyadari kalo perlu koordinasi lagi soal kepruk-mengkepruk untuk masti’in jadwal yang udah direncanakan.

Naaah, yang terjadi adalah, ya seperti yang ada di layar situs www.KoplakYoBand.com, yang lumayan terganggu di sekitaran jam 3 kalo ngga salah. Server melambat, delay menjadi jauh. Bisa 1 menitan lebih, biasanya delay antara 3 – 10 detik. Sepertinya beban server bertambah, padahal sudah disiapkan untuk 1000 viewer lho. Juga dakuh buat kualitas gambar ngga terlalu tajam, tapi tetep bisa dinikmati, karena menurunkan kualitas kompresi, agar yang di pelosok, di hutan sawit Sibuhuan sana, yang banyak monmonnya, bisa nonton dengan lancar. Maklumlah, sinyal selalu hilang-hilangan dari antena BTS di sana, kan selalu digelantungi ama peliharaannya. #eh .. *pasang helm* Hihihihi.

Ah, udah lah. Ternyata cape curcol kaya gini. Pokoknya, ini hasil dari data yang bisa terekam. Maaf lagi sodara-sodara, karena ketiadaan dana, dakuh ngga bisa merekam semua hasilnya. Harddisknya kuraaaang. Hihihihi.

Oh ya, saking sibuk dan paniknya, maaf ya kalo eiykeh di sana ngga bisa negor dan bercengkrama (jiaaah bahasanya deh) dengan teman-teman yang udah jauh-jauh dateng dengan pengorbanan yang full banget. Spesial buat Kang Abal, Om Nur Setiono, “Oooom, saya baru tau kalo si Om hadir di sana, karena ngeliat salah satu foto teman. Hiks. Kemana ya dirikuh saat itu?” Dan banyak juga yang ngga sempet kutemui. Mbak Ira Oemar juga ngga sempet ketemu dirikuh. Hiks. Tapi teteeep, salut buat semua yang udah dari luar kota bahkan dari luar negeri yang menyempatkan dateng ke Kompasianival. Jangan kapok yak. Semoga tahun depan disediakan mess gratis untuk kompasianer yang dateng dari luar kota.

Untuk Mbak Gaganwati, si Srondol nitipin pin bagus-bagus darimuh di booth KYB, dan sudah dibagi-bagikan ke temen-temen.

Untuk temen-temen KYB, thankyouuuuuuuuuuuuuu. Bangga eiykeh bisa kerjasama dengan kalian. Hihihi. Super love for all of youuuuuuu … Sepuluh jempooool. Kecup satu-satuuu. Yang cowo, diwakilin dikecup Panca, yak. Hihihi. Oh yaa, maaf buat Panca, yang udah nyempetin hadir di jumat malam, tapi ngga jadi ujicoba live streaming. “Cape Ca, si mbah Pit juga udah nungguin di Starbuck. Untung aja di sana ada cewe-cewe. Lha kalo di sana saat itu adanya cowo-cowooo? .. Beuuuh, bisa ke polsek melaporkan kehilangan teman.” .. #eh .. Hahahahaha

Oh ya, kepruk ke emak-emak KYB nih, HT malah dibuat jadi monitoring brondong. Huh .. Hihihihi.

Untuk temen-temen Desa Rangkat. You rock Guys. Kereeen kerjasamanya. Ngga nyangka aja si Bocing Erwin, Cupy, El Fitri, Pongky si pocong imut, Pak Windu, Ki dalang, Mommy dan lain-lain, bisa bangun Pos Ronda sedashyat itu. Hihihi. Maaaaaf, ngga bisa bantu banyaaaaak. Untuk Anazkia juga gituuuu, maaf ya Naz ngga bisa bantu abis di booth Hibah Buku. Dan keluargaku Komunitas Canting, maaf juga dakuh ngga bisa tidur di tenda kalian. Hihihi.

Untuk komunitas Kompasiana lainnya, kalian keren-kereeeen. Ya Fiksiana lah, Kampret lah, IDKita lah, dan komunitas-komunitas lainnya, thanks yaaaa karena udah ikut membantu ngisi konten di Live Streaming.

Udah ah, segitu aja. Nih hasil rekaman yang seuprit.

Yang mau main ke channel KoplakYoBand di Youtube, silakan menuju ke sini  http://www.youtube.com/user/koplakyoband

http://www.metacafe.com/watch/9449518/aksi_komunitas_koplakyoband/

dari sumur @KoplakYoBand

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s