Biar Cepet, Bayar PLN Pake SMS

Udah lama nih ngga nulis di sini. Berasa banget kikuknya saat mau nulis apapun di sini, ya curhat, ya interaksi di Kompasiana. Makluuum, sibuuuuuk. Lagi asyik kerja. Kebetulan orderan lagi banyak, jadi kudu fokus ke pekerjaan. Ya terpaksa deh harus memilih, kerjaan dulu atau nge-sosmed dulu. Karena kerjaan udah kewajiban, ya diduluin deh, biar cepet selesai. Akibatnya, sosmed macam Facebook udah lama ngga ditengok. Nongkrong di Twitter kalo lagi istirahat makan. Tapi kalo ngasih makan Kura Kuri, ya Twitter kudu ditinggalin juga. #lho… Tapi yang repot ya itu, ngga bisa ninggalin Kompasiana, jadi tetep sering baca tulisan temen-temen, ngakak sendiri baca tulisan koplak, tapiiiii .. kaga komen, takut kepikiran saat kerja. Hihihi.

“Tapi kok masih bisa live streaming, Beh?”

Ya itu juga kudu pinter-pinter bagi waktu.  Kaya kemarin live streaming di Kompasiana Nangkring, itu aja ngejar kerjaan dulu sampe ngga tidur. Tidur sih tidur, tapi sebentar, abis itu langsung ke gedung Kompas deh, live streaming.

Nah, kalo lagi sibuk kerja, saya suka lupa ama kewajiban pajak. Ya itu, bayar-bayar tagihan, ya bayar listrik, bayar Indovision, PAM, dan lain-lain. Apalagi kalo udah ngurusin komputer error dan urusin studio-studio rekaman di beberapa tempat, mondar-mandir keliling Jakarta. Di studio orang sampe malem, kadang sampe jam 2 malem. (Lhaa ini kok malah curhat .. #eh). Kagaa, ini maksudnya ngasih alesan, kenapa susah banget bagi waktu untuk kerja, nulis dan bayar sana-sini.

Yang paling sering kelupaan adalah bayar listrik dan Indovision. Kenapa juga saya agak parno dengan namanya tagihan listrik. Bukan soal nilai tagihannya, tapi ya itu, pentingnya listrik di rumah. Nih ya, kalo udah ngurusin render film di rumah, itu ngerendernya bisa 3 hari 3 malem nonstop. Lha kalo listriknya mati? Ampun deh, kudu nge-render lagi dari awal.

Apalagi kalo lupa bayar tagihan, dateng deh tuh petugas PLN, “Pak, maaf disegel dulu, ya, silakan bayar tagihannya di loket.” Ampun deh kalo udah begitu, gimana bisa kerja kalo ngga ada listrik? Emang sih di lokasi rumah saya, jarang mati lampu, maklum segitiga emas. #eh #eaaa. Ya tapi itu, tanggal paling telat bayar listrik, ya tanggal 15, bukan tanggal 20. Bisa sih dijadwalin bayar listrik tiap tanggal 6. Ya tapi kalo udah keenakan kerja, suka lupa ama tanggal dan hari. Tiba-tiba udah di tanggal 14 aja. Tiba-tiba udah di bulan Oktober aja. Perasaan baru kemarin main ama Faiz di malam tahun baruan. Perasaan baru aja kemarin main ke Curug bareng KoplakYoBand. #eh .. hihihi

Ada sih solusinya biar ngga kelupaan bayar listrik. Yaitu selalu bawa token internet banking di kantong. Tapiiiii .. tetep aja suka apes, kelupaan ngantongin karena ganti celana, ataupun sinyal internet di handphone yang suka error.

Nah ada nih solusi lain. ini gara-gara iseng browsing di Youtube liat video-video lucu. Eh ketemu video ini. Liat sendiri yak di Youtube ini.

Di situ diceritain kalo bisa kirim duit ke orang lain, tinggal SMS dan orang yang dituju langsung dapet uang, dan ambil di tempat yang ditentukan. Di situ juga dijelasin bisa bayar apa aja lewat hape. Ya iyalah, udah pake smartphone harusnya udah bisa transaksi lewat hape ber-internet. Lha tapi kalo sinyal internet hilang, gimana cara kirim uang, transaksinya, atau bayar listriknya? Ya lewat SMS.

Nama solusinya adalah DOMPETKU. Ini buatan Indosat. Kebetulan saya pake provider ini, karena nomor saya udah lama banget, dan males ganti nomor untuk rebutan promo terbaru provider-provider. Lagian klien-klien dan temen-temen lama lebih hapal nomor lama saya, ya nomor Indosat ini.

Balik lagi ke cerita DOMPETKU ya. Jadiii di situ bisa transaksi bayar tagihan atau belanja lewat sms atau transaksi lewat sms. Ini ngebantu saya. Kalo lagi sibuk banget, dan baru keingetan harus bayar listrik padahal lagi di jalanan atau lagi kerja terkurung di studio orang, bahkan di saat jaringan internet hilang atau paket kuota internetnya habis, ya udah lewat SMS aja. Lebih simple. Tinggal ketik BAYAR, trus nomor PIN, trus nomor pelanggan PLN kita. Kirim deh ke 789. Abis kirim, langsung dapet balesan dari Indosat, bahwa transaksi berhasil. Nah, gampang kan?

“Gampang gimana, Beh? Terangin dari awal.”

“Terangin? .. Lampu kaliiiiiiiii?? .. #eh

Gini nih.

Awalnya, kita registrasi dulu DOMPETKU ke Indosat. Bisa via SMS ke 789, atau ketik *789# trus CALL, atau dateng aja ke Galeri Indosatnya. Kebetulan saya pelanggan Matrix (paska bayar), jadi otomatis udah terdaftar. Ikutin aja petunjuk registrasi di jawaban SMS atau Java Applet. Setelah terdaftar, bisa deh kita transaksi di situ. Kalo pelanggan prabayar, kita harus isi formulir dulu, seperti yang dijelasin di video youtube itu.

“Bayar tagihan? Ngga pake Bank? Lha duitnya darimana, Beh?”

Ya kita isi dulu saldonya DOMPETKU. Biasanya kan kalo prabayar, kita punya pulsa tuh, nah pulsa itu bisa kita pakai untuk transaksi. Misalnya kalau ada pulsa 20ribu perak, ya bisa kita pakai belanja beli minuman atau makanan kecil di Alfamart. Atau kita bisa isi pulsa kita walau kartu kita jenisnya paska bayar. Ya semacam ngisi tabungan kaya di Bank.

“Lha kalo udah pake paska bayar, ngapain ada tabungan pulsa? Kan enaknya pake paska bayar bisa bayar belakangan.”

Iya, tapi kan tabungan pulsa itu bisa kita pakai nanti untuk bayar tagihan kartu Matrix, kan di DOMPETKUada fasilitas untuk bayar tagihan kartu Matrix, jadi ngga ketakutan lagi saat ngga bisa nelpon dan ngga bisa ngakses internet gara-gara belum bayar tagihan. Hihihi.

Nah untuk transaksi kali ini, saya ngisi sampe 550ribu perak. Itu perkiraan untuk bayar tagihan listrik dan Indovision. Itu ngisi duitnya, kemarin sih ke Galeri Indosat, karena kebetulan saya bingung ama no PIN, jadi sekalian ujicoba. Tapi lain kali, kalo mau ngisi saldo, bisa di ATM Bersama atau di ALFAMART.

Trus di rumah, saya coba deh transaksi bayar listrik lewat *789#. Ternyata gampang, tinggal ikutin petunjuk di java apllet trus langsung selesai saat itu juga. Kalau mau lebih cepet, ya tinggal transaksi lewat SMS. Tinggal ketik BAYAR(spasi)Jenis Tagihan(spasi)No PIN(spasi)No ID Pelanggan, kirim deh ke789. Langsung selesai, ngga perlu lagi ke loket PLN.

Nih, saya bikin videonya saat transaksi bayar tagihan via DOMPETKU ya. Cekidot.

Pengalaman Bayar PLN pakai Dompetku

Puyeng ya? Ya udah, ke sini aja, trus search deh pake kata kunci DOMPETKU. Bakal keluar tuh semua tentang DOMPETKU. Atau lebih gampangnya, nih saya bantu attach gambar petunjuknya ya.

MEKANISME LAYANAN DOMPETKU

A. FITUR REGULER 1. PENDAFTARAN/REGISTRASI

Nah jelas kan? Jadi bayar tagihan PLN ya cukup SMS aja, yang penting saldo di DOMPETKU harus cukup. Terus, enaknya nih, tiap isi ulang saldo, ternyata kita dapet gratisan ngobrol 100 menit. Hehehe.

Hmm, apalagi, ya?

Segitu aja dulu. Mau langsung streaming lagi .. eh .. kerja lagi. Hihihi. /adv

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s