Enaknya Naik Mobil New Mirage Matic di Jakarta

1426693525375844166
Mitsubishi New Mirage

Jakarta tuh lalu lintasnya padat. Apalagi di jam sibuk. Para pemikir negara aja pusing mengurusi kemacetan ibukota, dan juga kota-kota di seluruh propinsi yang hampir semuanya padat. Jalanan sudah dilebarkan, tetap saja berasa sempit saat mobil-mobil keluar di jalan raya. Aturan demi aturan pun dibuat untuk mengatasi kemacetan. Tapi hasilnya ya sama, tetap saja kemacetan selalu terjadi. Bahkan kadang kemacetannya pun sudah tidak masuk akal. Ingat kan kalau saat mudik menembus jalan tol? Jangankan di hari raya atau hari libur, di hari biasa saja, jalan tol yang diperuntukkan untuk jalan bebas hambatan, malah paling tinggi hambatannya. Padahal sudah bayar untuk menghilangkan hambatan. :))

Solusi yang paling memungkinkan saat kita ingin mempunyai mobil untuk menembus kemacetan kota dan hunian yang kian rapat, adalah kendaraan yang lincah dan tidak merongrong. Banyak yang menggunakan motor. Namun untuk kendaraan keluarga? Ya mobil lah yang harus dimiliki. Namun mengingat kemacetan tersebut, apalagi untuk keluarga yang tinggal di perumahan sempit, dengan jalan-jalan perkampungan yang sempit, mobil keluarga yang kecil menjadi pilihan teratas untuk mengatasinya.

14266935591220891368
Nembus kemacetan ibukota dengan New Mirage

Ada nih satu mobil yang mungil. Tidak mungil-mungil banget sih. Namun, cocok untuk kendaraan keluarga. Bahkan ngga hanya itu. Tampilannya tetap modis dan segar. Nah mobilnya kemarin diuji oleh 24 Kompasianer di acara Kompasiana Drive N Ride, yaitu Mitsubishi New Mirage. Sebanyak 8 mobil New Mirage bertransmisi otomatis kami uji, dan semua peserta memberikan testimoni kalau mobil New Mirage ini memuaskan, enak dan nyaman.

– Berapa harganya, Beh?

Nah ini. yang paling pertama ditanya biasanya harga. Menurutku sih, mobil ini ngga mahal. Cukup murah di kelas City Car dengan teknologi dan kelengkapan yang banyak dan terasa mewah.

Nih ya. Mitsubishi New Mirage ini harganya mulai dari Rp 148juta untuk tipe GLX dengan transmisi manual. Sedangkan yang bertransmisi otomatis, ada 3 jenis. Terendah adalah Mitsubishi New Mirage tipe GLS seharga Rp 163.500.000,-. Untuk tipe New Mirage Sport, seharga Rp 170 juta. Dan yang tipe tertinggi adalah New Mirage Exceed, seharga Rp 177 juta.

14266937131555429750
Strip Mirage New Sport

Semua tipe New Mirage ini bermesinkan 1200cc, dengan 12 katup 3 silinder tipe DOHC MIVEC. MIVEC ini kepanjangan dari Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system. Kelebihan mesin berteknologi MIVEC ini adalah tingkat efisiensi bahan bakar, namun tetap bertenaga di putaran mesin manapun. Apalagi New Mirage, walaupun cuma bermesin 1200cc, tetap menggunakan Double Camshaft, tidak seperti mobil sejenisnya yang masih menggunakan Single Camshaft. Biasanya mobil-mobil yang menggunakan Double Over Head Camshaft adalah mobil-mobil sedan di atas 1300 cc.

Tau Mobil balap Lancer Evolution yang terkenal di ajang rally itu kan? Mobil yang sering juara itu menggunakan teknologi MIVEC. Jadi lincah dan kencang saat bermain di putaran bawah maupun atas.

14266942981581166006
Mesin MIVEC New Mirage yang teknologinya dipakai di mobil rally Lancer Evolution

– Kan kalau pakai teknologi mobil balap, bensinnya boros, Beh?

Nah kemarin kami sudah mencoba keiritan New Mirage ini. Untuk meladeni kemacetan ibukota, apalagi pas kemarin kami terjebak di kemacetan panjang di depan FX, konsumsi bensinnya paling boros adalah 14 km per liter. Itu karena menggunakan transmisi otomatis. Jika menggunakan mesin bertipe manual, mungkin bisa lebih irit, karena memang putaran mesin harus ada di kondisi tertentu untuk mencapai keiritan maksimal, yaitu di sekitar 1500 – 2000 rpm. Untuk menembus kemacetan memang sangat tidak mungkin menaikkan putaran mesin hingga 1500 rpm dengan tipe transmisi otomatis. Namun, dengan menghasilkan 14 km/liter, itu sudah cukup irit.

1426693792861023807
Saat menembus kemacetan ibu kota, keiritannya New Mirage mencapai 16,5 km/liter

Di beberapa uji coba sebelumnya yang diadakan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, New Mirage bisa menghasilkan tingkat keiritan tertinggi di kelasnya, yaitu 24 km/liter. Mas Aris, dari Otomotif.Kompas.com, sudah membuktikan keiritan mobil Mitsubshi Mirage ini dengan menembus kemacetan di jalan raya pulau Bali, dengan mendapat hasil 23 km/liter. Silakan browsing di berita-berita online tentang uji coba keiritan New Mirage ini. Umumnya mendapatkan hasil di sekitara 20 km/liter. Nah irit kan?

14266943991021954356
Transmisi Otomatis CVT New Mirage
14266937541548853289
Tampang depan samping New Mirage

– Kan kalau mobil 1200 cc, tenaganya kecil, Beh, apalagi pakai transmisi matic.

Kemarin tuh ya, kan semua peserta dipinjeminnya mobil bertransmisi otomatis. Ngga ada tuh keluhan kalo tenaga maticnya kendor atau payah di putaran bawah. Tetap bertenaga walau cc-nya cuma 1200. Kami kemarin ngga perlu menekan gas terlalu dalam untuk menghasilkan akselerasi spontan. Cukup gas sedikit, langsung naik ke posisi putaran mesin rpm tinggi. Nah itu tuh gara-gara pakai mesin MIVEC kayanya. Jadi putaran bawah tetep lincah akselerasinya. Jadinya kemarin kepikir kalau akselerasi matic-nya seperti itu, ya ngapain juga pake yang tipe manual. Sama-sama gampang dikendalikan untuk ngebut.

– Hmm, harga segitu. Iritnya segitu. Emangnya mobilnya aman, Beh?

New Mirage yang kemarin kami uji coba itu sudah dilengkapi Air Bag. Itu lho, kantong udara yang akan muncul menyelamatkan pengemudi jika terjadi kecelakaan. Air bag ini ngga hanya disediakan untuk pengemudi, tapi juga penumpang di sebelahnya, karena biasanya kan kecelakaan terparah malah dialami oleh penumpang sebelah.

Oh ya, di semua tempat duduk, udah disedia’in safety belt lho. Jadi makin aman kan.

1426693861910769128
Air Bag tersembunyi di balik kemudi yang berlogo Mitsubsihi New Mirage

– Ooh, gitu. Pakem ngga remnya? Kan katanya mobilnya bertenaga dan kencang.

Nah kalau soal rem, di setiap rodanya ditanam ABS, Anti-lock Brake System, yang berfungsi membantu ban ngga langsung terkunci saat di rem mendadak. Kan kalau tiba-tiba ban terkunci malah tambah berbahaya, padahal kecepatan sedang tinggi. Mobil bisa kehilangan arah. Apalagi di jalan licin.

Oh ya, Mitsubishi New Mirage  ini juga dibekali EBD, atau Electronic Brake Distribution, Nah kalau ini pendistribusian sistem elektronik rem-nya. Jadi mobil ngga akan understeer atau oversteer saat mengerem mendadak di saat berbelok.

14266939331675039845
Memakai roda beradius 15 inch dengan velg alloy. Juga dilengkapi dengan ABS dan EBD

– Terus apalagi, Beh?

New Mirage ini unik. Ngga pakai kunci model umum. Yang dipakai model remote. Tapi yang kemarin, Mirage tipe Sport, ada juga yang masih pakai kunci model lama. Kalau yang model remote ini, menyalakan mesinnya dengan menekan tombol START/STOP ENGINE.

Saat kita memundurkan mobil juga ada alarm mundurnya. Istilahnya Rear Parking Sensor.

14266940321383085707
Tombol Start/Stop Engine Mitsubishi New Mirage. Mewah kan?

– Biasanya sih Beh, mobil harga segitu bakal sempit dan ngga nyaman untuk berkendara di jalur macet. Apalagi untuk ke luar kota.

Oh, kemarin sih saya cobain nyaman. Malah terasa mewah untuk harga mobil segitu. Saat lihat dari luar sih kelihatannya mobil City Car ini kecil. Tapi setelah di dalam, terasa lapang.

Panel instrumennya terasa untuk kelas sedan mewah. Ada pengatur volume di kemudi/setir. Sound system yang dikasih juga keren. Ada colokan USBnya juga lho. Tau sendiri kan sekarang ini jamannya gadget boros batere. pasti deh  selalu butuh colokan.

Kemarin tuh ya, sistem pendinginannya juga unik dan modern. Pengaturan AC semua ada dalam satu tombol digital.

14266941721790518699
Sound System dan panel di tengah dashboard. Mewah
1426694105715349211
Panel audio control yang ditanam di kemudi New Mirage

– Empuk ngga joknya, Beh?

Joknya empuk. Enak banget untuk duduk lama. Kaki terasa pas untuk menekan gas dan rem. Jadi ngga akan cepet timbul kelelahan setelah mengemudi. Udah joknya empuk, per mobilnya juga mantep. Guncangan ngga terlalu terasa, walau memang masih keras keras. Namun untuk mobil di kelas 1200 cc, peredam guncangannya udah sangat oke, menurutku.

Nah kalau peredaman suara, juga udah lumayan bagus. Suara dari luar tidak terlalu terdengar tembus ke dalam. Oh ya, kaca mobil yang kemarin kami pakai, udah dilapisi Solar Gard, jadi ngga terlalu panas sinar matahari yang masuk ke mobil. Jadinya makin adem dan nyaman deh dengan AC dinginnya dari New Mirage.

14266944741481228785
Bodi belakang New Mirage.

– Terus apalagi?

Kemarin tuh, kelebihan New Mirage untuk mobil sekelasnya kurasa banyak ya. Ada lampu kabut kecil di bawah lampu utama, yang diberi lis lampu LED. Oh iya, lampu utamanya udah menganut sistem Halogen.

1426694509335622923
Lampu kabut Fog Lamp.

Panel-panel di dashboard kemudinya kesannya futuristik. Ada lampu ECO. Nah lampu ECO ini akan menyala terus di saat kita mengendarai dengan tehnik mengemudi irit. jadi selama putaran mesin kita mainkan dalam posisi irit, lampu ECO akan menyala. Ya menurutku sih ngga hanya berfungsi sebagai info keiritan, tapi seperti mengajak pengemudi untuk terus bermain di putaran mesin irit. Akibatnya, ya konsumsi bensin akan selalu irit, kita ngga boros dalam menghabiskan bahan bakar. Gaya mengemudi juga menjadi baik, dalam arti, kita seperti sabar dan stabil dalam mengemudi, sehingga tingkat keselamatan dalam mengemudi pun lebih terjaga.

– Cakep ngga mobilnya buat gue, Beh?

Jiaah, cakep kalo elu beli dan naik New Mirage. Makin Muda Terooos pastinya, wong mobilnya bergaya anak muda kok. Cobain deh. :))  Eh, warna yang disediakan juga banyak lho. Pas deh buat yang mau bergaya anak muda.

1426694739410492689
Tuh keliatan kan, berasa lapang, ngga sempit

– Eh tapi, emang dengan harga segitu dan kelengkapan kaya gitu, mobil itu bisa kenceng?

Yeee, kemarin tuh ya, New Mirage ini ngikut Sprint Rally nasional di kelas N-15. Tau ngga kelas N-15? Itu kelas mobil-mobil rally kencang ber-cc 1500. yang nyetir Subhan Aksa. New Mirage dengan 1200 cc malah menang juara satu di kelas 1500 cc. Tuh kan, kenceng dan irit kan?

– Yang terakhir, Beh.

Okeh, apa?

– Beli’iiiiiiiiiiin.

Lhaaaa … *celupin muka di bak mandi*

Bagi yang mau jelajah lebih lanjut soal New Mirage ini, sila ke halaman ini ya, yang isinya semua tentang New Mirage.

14266946321597461808
Keren kan New Mirage Sport?
14266949031165610505
Ini bukan sales-nya, tapi Yayat sedang bergaya di mobilnya, New Mirage. Pas kan? #eh :))
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s